Connect with us

Lifestyle

Winky Wiryawan: Kalau Vape Mengganggu Bisa Dihindari

Published

on

Credit foto: nug

dobelcek, Jakarta – Rokok elektrik atau yang biasa disebut vape kini menjadi gaya hidup tersendiri khususnya di kota – kota besar seperti Jakarta.

Diklaim lebih aman dari rokok konvensional karena komposisi bahannya bisa diatur serta lebih wangi. Namun vape tak seaman apa yang dibayangkan bagi kesehatan, sehingga pemerintah ada rencana pelarangan. 

Sebagai orang yang pernah “mencicipi” vape, artis Winky Wiryawan memposisikan diri sebagai pihak netral antara mendukung larangan dan menolak larangan tersebut.

Ditemui tim dobelcek di kawasan Menteng, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu, lelaki yang biasa disapa DJ Winky ini mengaku mengenal vape dari Youtube. Menurutnya vape itu adalah rokok yang berbeda. ”Vape itu sebenarnya (rokok,red) yang ada uapnya saja. Walau mengandung nikotin tapi kalau nggak salah tidak mengandung tar,” jelasnya.

Lelaki kelahiran Jakarta 9 Desember 1978 ini  pertama kali mencoba vape ketika rokok elektronik itu tengah ramai diperbincangkan. ”Pas vape lagi rame-rame nya sekitar 2-3 tahun lalu. Itu juga teman yang suruh mencobanya. Cobain deh bro,” kata Winky.

Setelah mencoba vape, ia merasakan pengalaman yang berbeda ketika mencoba rokok konvensional. ”Asapnya lebih banyak, lebih wangi namun menjadi lebih basah di dalam (mulut, red). Pun kemari di lokasi syuting (Jeritan Malam, red) ada yang nge-vape. Gila asapnya banyak banget,” lanjutnya.

Terkait kabar pelarangan vape oleh pemerintah, suami dari Asmara Siswandari ini memposisikan diri netral. ”Kalaupun memag dilarang oleh pemerintah  ya nggak ada salahnya juga kan. Karena menurut gue vape itu elektronik banget kan. Sehingga kandungan di dalamnya dipertanyakan,” tegasnya.

Ia menambahkan, kandungan dalam vape berbeda dengan rokok lain pada umumnya. ”Kalau orang merokok kan tahu bahayanya seperti apa. Tapi itu orang yang merokok juga ada yang sampai (berumur, red) 90 tahun dan aman-aman saja,” ujar peraih kategori Best Crying Scene ajang MTV Indonesia Movie Awards (MIMA) 2004.

Namun ia menyarankan, bilamana vape menganggu kesehatan, ada baiknya dihindari. ”Ya kalau menganggu lebih baik dihindari kan. Tapi kalau ditanya apa bisa vape dihilangkan ya nggak ngaruh ke gue,” tegasnya. nug

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *