Connect with us

News

Hadir di Tengah Pandemi Covid-19, Alumni Akpol 99 Ringankan Beban Warga Jatim

Published

on

Dobelcek, Trenggalek – Demi meringankan penderitaan warga di Jawa Timur karena penyebaran virus corona atau covid-19, Alumni Akademi Kepolisian lulusan 1999 menggelar Bakti Sosial (Baksos) berupa pemberian bantuan dan paket Sembako.

Alumni dengan julukan Endra Dharmalaksana bahu membahu mengumpulkan bantuan untuk disalurkan ke warga yang membutuhkan.

Kegiatan yang berpusat di halaman Mapolres Trenggalek itu juga dihadiri oleh Bupati Trenggalek M Nur Arifin dan Dandim 0806 Letkol Inf Dodik Novianto.

Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn mengatakan sasaran kegiatan tersebut adalah warga prasejahtera, tukang becak, tukang ojek dan pekerja buruh.

“Bakti sosial ini kami selenggarakan dalam rangka memperingati 20 tahun pengabdian Endra Dharmalaksana Akpol tahun 1999 di seluruh nusantara,” kata Calvijn kepada wartawan dalam keterangan persnya, Kamis (21/5/2020).

Calvijn menjelaskan, secara teknis dalam pembagian beras kepada warga, mereka yang sudah didata sebelumnya diberikan kartu khusus yang digunakan untuk mengambil beras di ATM Beras. Kartu tersebut nantinya akan ditempel ke panel yang telah disediakan dan beras otomatis akan keluar dengan sendirinya.

“Untuk pembagiannya kami jadikan menjadi dua waktu, yakni pagi dan siang. Kenapa kita buat seperti itu, karena kami menerapkan physical distancing dan sudah tidak terjadi kerumunan serta teratur,” pungkasnya. 

Selain menggunakan ATM Beras, bantuan juga diberikan secara door to door kepada warga yang membutuhkan hingga pelosok kampung, dengan menggandeng Bhabinkamtibmas maupun unsur tiga pilar di tingkat desa, di 14 Kecamatan se-Kabupaten Trenggalek.

Calvijn juga turut bersilaturahmi ke sejumlah tokoh agama dan pondok pesantren di Kabupaten Trenggalek. Di antaranya KH Abdul Fatah Mu’in dan KH Sabik Mu’in yang merupakan pimpinan dan pengasuh pondok pesantren Babul Ulum Durenan.

“Mohon doa restu para tokoh agama agar kami alumni Endra Dharmalaksana Akpol tahun 1999 dalam menjalankan tugas dan mengabdi untuk negeri diberikan kesehatan dan keselamatan serta selalu dalam lindungan-Nya,” tuturnya. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *